Customer Servise
Customer Servis
Tugas customer service Di Puskesmas I Baturraden saat ini banyak dibahas dan dikait-kaitkan dengan tingkat kepuasan masyarakat yang memakai layanan jasa Puskesmas. Apakah memang begitu adanya? Apakah tugas customer service Puskesmas memang sangat berperan dalam meningkatkan kepuasan pelanggan Puskesmas.
Untuk menjawab semua pertanyaan tersebut tentunya kita harus faham terlebih dahulu apa tugas customer service di Puskesmas. Banyak orang menganggap tugas customer service di Puskesmas sangatlah mudah karena hanya berhadapan dengan pelanggan dan memberikan petunjuk kepada pelanggan. Namun tahukah Anda jika tak semudah itu menjalankan peran sebagai cuctomer service di Puskesmas. Karena customer service di Puskesmas memiliki tugas-tugas yang telah memiliki aturan dan prosedur sendiri.
Membicarakan dan menggambarkan kepuasan pelanggan di Puskesmas memang sangat erat kaitanya dengan kinerja pelayanan di Puskesmas tersebut. Selain memberikan pelayanan yang maksimal, meningkatkan kualitas dokter dan perawat, meningkatkan kualitas teknologi di Puskesmas, meningkatkan perhatian dan pelayanan pada tugas customer service di Puskesmas juga merupakan hal penting untuk menunjang peningkatan kepuasan pelanggan.
Hal itu dikarenakan Tugas Customer Servis di Puskesmas I Baturraden merupakan tempat pertama berhadapan dengan pasien dan pihak yang berperan dalam memberikan petunjuk kepada pasien tentang bagaimana langkah yang harus ditempuh oleh pasien setelah menjelaskan maskud kedatanganya pada customer servicedi Puskesmas.
Tugas customer service di Puskesmas memang berada diluar konteks medis sebagaimana profesi lain di Puskesmas . Namun customer service di Puskesmas harus memahami tentang prosedur-prosedur awal bagaimana seorang pasien harus melakukan pendaftaran, pemeriksaan sebelum mendapatkan tindakan medis.
mengecek keberadaan dokter yang dicari oleh pasien yang sedang panik karena harus segera mendapatkan pertolongan juga merupakan tugas customer service di Puskesmas yang sangat menguji kesabaran. Maka dari itu, meski terlihat sepele tugas ini membutuhkan tingkat kesabaran dan kemampuan dalam penyelesaian masalah untuk melaksanakan Tugas Customer Servis di Puskesmas I Baturraden.
Customer sevice juga memegang peranan penting didalam memahami bagaimana kemauan dan harapan pelanggan di Puskesmas yang memiliki karakter berbeda-beda. Tak jarang banyak pasien yang melakukan protes atau komplain karena pelayanan yang diterima tidak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini mungkin terbentur dengan status pengetahuan, pendidikan dan kebudayaan pasien yang sangat beraga.
Menurut kami customer service merupakan bagian yang tepat yang mampu menggali bagaimana kemauan dan harapan pasien. Tak hanya itu,Tugas Customer Servis di Puskesmas I Baturraden juga harus pandai membujuk agar pasien bisa meredakan emosinya tanpa menunjukan emosi berarti. Bagaimanapun juga customer service juga merupakan manusia biasa yang juga memiliki batas kesabaran. Terbayang bukan bagaimana rumitnya Tugas Customer Servis di Puskesmas I Baturraden. Tetapi semua itu dapat dilewati jika kita memang telah mendapatkan pendidikan dan pemahaman bagaimana kita harus menjalankan profesi kita tersebut.